Menjanjikan, Warga Pulau Setunak dilatih budidaya kepiting

Menjanjikan Warga Pulau Setunak dilatih budidaya kepiting - Menjanjikan, Warga Pulau Setunak dilatih budidaya kepiting

Carabudidaya.id РPT Timah Tbk melatih warga Pulau Setunak Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau membudidayakan kepiting bakau, guna meningkatkan perekonomian masyarakat pulau terpencil di wilayah operasional perusahaan plat merah itu.

“Pelatihan dan pemberian bantuan bibit kepiting ini untuk memandirikan ekonomi di warga pulau terpencil ini,” kata Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah Tbk Anggi Siahaan di Pangkalpinang, Kamis.

Baca Juga : Ikan Chana, Ikan Hias Paling Mudah di Budidaya

Ia mengatakan Pulau Setunak yang dihuni sekitar 52 kepala keluarga ini, sebelumnya hanya menggantungkan perekonomian mereka dengan berpofesi sebagai nelayan.

“Untuk mendukung kemandirian dalam konteks pemenuhan kebutuhan pangan di Pulau Setunak, PT Timah Tbk memberikan pelatihan budidaya kepiting bakau bagi kelompok masyarakat, sehingga selain pergi melaut, mereka juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari budidaya kepiting bakau,” katanya.

Menurut dia komoditas kepiting bakau dipilih karena memiliki nilai jual ekonomis dan banyak peminatnya. Selain itu, cocok dengan alam di Pulau Setunak karena sesuai habitat aslinya yang dikelilingi mangrove.

“Emiten Berkode TINS juga mendukung budidaya kepiting bakau ini dengan memberikan bibit kepiting bakau, membantu sarana dan prasarana untuk budidaya kepiting bakau,” katanya.

Ketua kelompok Pembesaran Kepiting di Pulau Setunak Apid mengaku masyarakat mereka sangat senang dengan kehadiran PT Timah Tbk yang telah membantu mereka dalam melakukan budidaya kepiting bakau.

Artikel Terkait : Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

“Dari segi lahan atau lokasi memang cocok dengan kepiting bakau, selain itu PT Timah juga memberikan pelatihan, pendampingan serta bibit yang didatangkan dari luar pulau lain karena di Provinsi Kepri belum banyak yang melaksanakan budidaya ini,” katanya.

Letak wilayah Pulau Setunak yang jauh dari Pemerintah Desa Tulang Kecamatan Karimun Provinsi Kepri, sehingga warga pulau ini lebih sering mengunjungi Desa Gemuruh untuk mendapatkan akses pendidikan, kesehatan dan memenuhi kebutuhan hidup karena jarak yang lebih dekat.

Sebagai daerah kepulauan, Pulau Stunak memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi dengan daerah sekitarnya, karena mereka belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dari pulau itu.

Menyadari hal ini, PT Timah Tbk yang merupakan anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID membantu masyarakat Pulau Setunak dengan melakukan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terintegrasi. ( Sumber : antaranews.com )