Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Panduan Lengkap Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Pemula

Carabudidaya.id – Tahun 2022 ini Budidaya ikan lele mungkin bagi sebagian orang hanya sekedar hobi saja. Namun, bagi mereka yang memiliki otak bisnis, ikan lele yang biasanya hanya sebagai peliharaan saja, pastilah akan di sulap sebagai media bisnis yang menguntungkan. Seperti yang anda tahu, banyak sekali warung makan dan rumah makan yang menjadikan ikan lele sebagai sajian di warung. Itu berarti kebutuhan konsumen akan ikan lele cukup besar bukan? Makanya, jika anda mau mengubah sedikit lahan anda untuk ternak ikan lele, dapat dipastikan anda bisa menghasilkan keuntungan dari Budiday lele ini.

Siapa bilang yang berhak bisnis lele hanya mereka yang berada di daerah perkotaan saja. Justru, anda yang berada di kawasan pedesaan yang harusnya memulai untuk mencoba budidaya ikan lele. Bukankah di lingkungan pedesaan biasanya banyak masyarakat yang memiliki lahan yang luas. Tak ada salahnya bukan jika lahan yang anda miliki kemudian dimanfaatkan menjadi kolam untuk budidaya ikan lele. Nah, agar anda tahu bagaimana cara sukses ternak lele secara lengkap, anda bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini.

Pendahuluan tentang cara budidaya ikan lele

Berikut ada beberapa pengetahuan dasar tentang ikan lele yang harus anda ketahui sebelum memutuskan untuk ternak ikan lel

Pemilihan Bibit Unggul

Anda tidak perlu susah payah untuk tahu bibit yang unggul, cukup cari komunitas peternak lele kemudian tanyakan prosentase keberhasilan mereka kemudian tanyakan juga referensi dimana mereka membeli bibit yang berkualitas tinggi. bibit unggul sangat mempengaruhi hasil panen dari budidaya ikan lele ini.

Hitung Padat Tebar Kolam

Sebelum anda menentukan jumlah bibit yang anda beli, sesuaikan dengan kolam yang akan anda siapkan. karena semakin banyak ikan lele dalam kolam yang sempit bisa mengakibakan lele susah berkembang, sehingga akan kerdil dan bisa merugikan peternak. perhatikan juga apakah anda membeli bibit yang kecil atau yang remaja. sesuaikan dengan jenis kolam.

Siapkan Pakan Alternatif

Pakan merupakan sebuah kunci kesuksesan budidaya iklan lele, karena pakan merupakan pengeluaran terbesar dalam budidaya ikan lele. jadi cari sebanyak mungkin opsi pakan alternatif, mulai dari magot BSF, ikan curah, Tepung Ikan, limbah industri seperti roti kedaluarsa dan Pakan alternatif lain seperti rumput azola yang bisa di budidaya.

Pahami Sifat Ikan Lele yang Kanibal

Ikan lele merupakan ikan predator di alam liar, sifat ini akan terus melekat pada ikan lele yang anda budidaya di kolam. ikan lele akan memangsa teman sendiri jika kebutuhan pakan tidak tercukupi. selain itu faktor perbedaan besar tubuh lele juga dapat memangsa ikan lele yang lebih kecil. oleh karena itu ada kegiatan sorting ikan pada umur tertentu misal satu bulan pertama agar ikan yang tumbuh kerdil bisa dipisah dan tidak dimangsa ikan lain.

Sifat Air di Lokasi Budidaya Ikan Lele

Air merupakan media utama budidaya ikan lele. ikan lele sangat cocok di daerah pesisir yang airnya agak mengandung kapur, akan tetapi kurang cocok di budidaya di daerah pegunungan yang airnya mengandung banyak mineral. akan tetapi itu semua bisa disiasati dengan teknologi bioflock maupun aquaponic. kedua hal ini akan kami bahas lebih lanjut di artikel lain.

Tahap Analisa Penentuan Jenis Kolam Budaya Ikan lele

Sebelum kita memulai budidaya ikan lele sebagai pemula kita harus menganalisa apakah usaha yang akan kita lakukan akan menghasilkan profit atau tidak, sehingga kita bisa membedakan antara budidaya ikan lele untuk sekedar hobi dan untuk bisnis. berikut adalah beberapa jenis kolam yang harus anda pertimbangkan ketika anda ingin budidaya ikan lele

Budidaya Ikan Lele di Ember

Budikdamber atau budidaya ikan dalam ember belakangan ini sedang naik daun. Adanya teknik budidaya dalam ember sangat cocok mempunyai lahan terbatas. Keunggulan lain budidaya dengan teknik budidaya ikan lele di ember adalah hemat air dan modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. selain itu kita bisa mengkombinasikan dengan tanaman kangkung sebagai asupan ogsigen dalam air sehingga lele lebuh bisa sehat. budidaya ikan lele dalam ember ini juga di sebut sebagai aquaponic yang sangat sederhana.

cara budidaya ikan lele di ember – sumber : undip.ac.id

Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Kolam Terpal sangat cocok bagi peternak yang tidak permanen, yang biasanya menggunakan lahan sewa. karena kolam terpal bisa bertahan sampai 2 sd 3 tahun pemakain tergantung kualitas terpalnya. menurut pengalaman kolam terpal yang terbaik untuk budidaya ikan lele adalah kolam terpal yang berbentuk bulat, karena ikan akan lebih aktif jika menggunakan kolam terpal bulat. selain itu biasanya kotoran ikan akan terpusat pada tengah kolam sehingga mempermudah membersihkan kotoran jika dilakuakn pengurasan kolam

budidaya ikan lele di kolam terpal, sumber : bulelengkab.go.id

Budidaya Ikan Lele Kolam Hebel Bata Ringan

Bata ringan pada tahun 2022 ini menjadi tren di semua bidang konstruksi tidak terkcuali kolam ikan lele, kolam hebel bisa menghemat 50% biaya kolam beton. kolam hebel ini biasanya dipakai peternak yang memiliki lahan sendiri yang besifat permanen. sebagian ada yang menggunakan hebel dikombinasikan dengan cat tahan air dan ada juga yang menggunakan acian semen agar air tidak merembes.

Tahap Pemeliharaan Ikan Lele

Pada tahap ini, saya asusmsikan anda sudah menentukan jenis kolam yang ada gunakan. setelah memilih bibit yang masih, tip ternak lele selanjutnya adalah dengan menebar benih. Sebelum benih di sebar kedalam kolam, lebih baik melakukan penyesuaian suhu terlebih dahulu. Setelah membeli bibit letakkan bibit lele ke dalam ember. Biarkan kurang lebih selama 15 menit, setelah itu miringkan ember di dalam kolam dan biarkan lele turun sendiri ke dalam kolam airnya. Ini akan menghindari ikan lele mengalami stress karena suhu yang tidak sesuai. Tebarkan benih dalam kepadatan 200-400 ekor per meter persegi.

menjaga kualitas air kolam sangatlah penting. Ini juga untuk menghindari timbulnya berbagai jenis bibit penyakit. Untuk pengisian air dalam kolam harus bertahap. Bulan pertama 20 cm, bulan kedua 40 cm dan bulan ketiga 80 cm. dengan begitu ikan lele dalam berkembang dengan baik.

Tips Memberi Pakan Ikal Lele yang masih kecil

Pelet ikan lele sebaiknya direndam dulu dalam air beberpa saat sampai mengembang, hal ini ditujukan agar ikan lele tidak kekenyangan dan mengantisipasi pelet yang mengembang dalam perut lele yang bisa mengakibatkan kematian.

selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah jenis pakan. Jenis pakan yang harus di berikan konsentrat ikan 781-1. Jenis pakan ini mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk ikan lele ada. Dalam jenis pakan tersebut terdapat 35% protein, 10-16% lemak, 15-25% karbohidrat, mineral dan beberapa vitamin. Ini sudah cukup untuk memenuhi asupan gizi lele anda. selain jenis makanan tersebut, anda juga bisa memberikan Magot BSF, Ini akan membuat lele semakin gemuk/ Setelah 90 hari, anda sudah bisa memanen.

Penyakit yang sering Muncul pada Budidaya Ikan Lele

Dam budidaya ikan lele hal yang paling mendasar yang harus kita ketahui adalah tentang penyakit ikan lele, berikut beberapa jenis penyakit yang sering dihadapi peternak ikan lele :

Penyakit Akibat Bakteri

Ketika anda ternak lele ada beberapa jenis hama dan penyakit yang menyerang. Salah satu jenis bakteri yang menyerang pertumbuhan lele adalah bakteri pseudomonas hydrophyla dan aeromonas hydrophyla. Lele yang terkena bakteri ini, akan memiliki beberapa gejala. Pertama warna tubuh menjadi lebih gelap, kulit lebih kesat, dan timbul beberapa pendarahan. Selain itu lele akan bernafas terlalu pengap ketika berada di permukaan air. Untuk mencegah pertumbuhan bakteri tersebut, anda harus menjaga kualitas air kolam. Bakteri ini akan cepat tumbuh pada air yang terlalu kotor.

Penyakit Cacing Trematoda

Selain dari bakteri, pada saat anda ternak lele sangkuriang juga kemungkinan akan terserang penyakit cacing trematoda. Penyakit ini sering terjadi pada budidaya lele yang dilakukan di kolam terpal. Gejala yang timbul antara lain insang yang luka dan rusak, selanjutnya akan timbul pendarahan dan mengakibatkan pernafasan pada lele terganggu. Untuk mengobati penyakit ini, anda bisa merendam formalin sebanyak 250 cc selama 15 menit. Ini akan membantu membunuh cacing trematoda. Selain itu bisa dengan menggunakan Nacl selama 30 menit.

Itulah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang lele . Ketika anda melakukan ternak lele, tak hanya bibit, pakan dan kolam saja yang harus diperhatikan. Tetapi juga harus memperhatikan hamanya. Dengan adanya hama penyakit ini akan membuat tumbuh kembang lele anda menjadi terganggu. Jika anda ada gejala awal, segeralah melakukan pembersihan. Supaya lele yang lain tidak ikut terserang.

Tahap Pemasaran Budidaya Ikan Lele

Pemasaran sangat penting juga kalau anda ingin sukses, anda cari kemitraan ternak ikan lele jika anda tidak ingin ribet dalam pemasaran, akan tetapi harganya juga lebih rendah dari pasaran umum. alternatifnya adalah lobi atau tawarkan supply yang kontinyu ke pedagang penyetan dan warung – warung. biasanya dipasar harga lele tahun 2022 ini adalah 28 ribu per Kg sedangkan di tengkulak lele biasanya di beli dengan harga 22 ribu rupiah per kilo. kalau kita bisa memasarkan langsung maka kita bisa jual dengan harga 25 sd 26 ribu rupiah.

Sekian sekilas budidaya ikan lele yang perlu anda ketahui agar tidak salah mengambil langkah dalam budidaya ikan lele, sekian salam budidaya.

Similar Posts