Alih Fungsi Sawah ke Tambak di Pesisir Sebuah Keniscayaan atau Ancaman?

alih fungsi sawah menjadi tambak - Alih Fungsi Sawah ke Tambak di Pesisir Sebuah Keniscayaan atau Ancaman?

Jakarta, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebutkan bahwa alih fungsi lahan pertanian atau sawah menjadi tambak di wilayah pesisir merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar salinitas di lahan sawah pesisir, yang menyebabkan tanaman padi sulit tumbuh.

Kawasan pesisir utara di Kabupaten Kendal dan Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu wilayah yang paling terdampak oleh salinitas. Di Kabupaten Pemalang, kadar salinitas bervariasi antara 2,7, bahkan ada yang menyentuh di atas 20 tingkat.

Akibatnya, banyak petani di wilayah tersebut yang memilih untuk mengalihfungsikan lahan sawahnya menjadi tambak. Hal ini juga didukung oleh prospek bisnis tambak yang cukup menjanjikan.

Baca Juga : Cara Menyemai Padi Dengan Jaring Lebih Hemat Tenaga hingga 80%

Namun, alih fungsi lahan sawah ke tambak juga menimbulkan kekhawatiran akan ketahanan pangan nasional. Pasalnya, lahan sawah merupakan sumber utama produksi beras di Indonesia.

Menurut Kepala Pusat Riset Tanaman Pangan BRIN Yudhistira Nugraha, alih fungsi lahan sawah ke tambak harus dikaji secara mendalam untuk melihat dampaknya terhadap ketahanan pangan.

“Suplai beras dari daerah lain, perhitungan makro untung-rugi budidaya tambak daripada padi, dan apakah konversi itu membahayakan ketahanan pangan secara nasional menjadi bahan riset,” kata Yudhistira.

BRIN sendiri telah melakukan beberapa upaya untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya dengan melakukan sosialisasi budidaya padi di lahan salin. BRIN juga melakukan penelitian untuk mengembangkan varietas padi yang toleran terhadap salinitas.

Baca Juga : Budidaya udang vaname di Bone Bolango terbukti dorong perekonomian masayarakat

Kesimpulan

Alih fungsi lahan sawah ke tambak di wilayah pesisir merupakan sebuah fenomena yang kompleks. Di satu sisi, alih fungsi ini merupakan keniscayaan karena lahan sawah pesisir semakin sulit untuk ditanami padi. Namun, di sisi lain, alih fungsi ini juga menimbulkan kekhawatiran akan ketahanan pangan nasional.

Oleh karena itu, alih fungsi lahan sawah ke tambak harus dikaji secara mendalam dan dilakukan secara terencana agar tidak berdampak negatif terhadap ketahanan pangan nasional.