budidaya cacing susu kandang ternak cacing - Nikmatnya Rupiah Dari Ternak Cacing Susu

Nikmatnya Rupiah Dari Ternak Cacing Susu

Mungkin masih asing di telinga anda apa itu ternak cacing susu. Namun di dunia peternakan, cacing susu menjadi salah satu komoditas ternak yang cukup dikenal. Meski namanya cacing susu, bukan berarti hidupnya di susu atau makanannya berupa susu.

Cacing susu merupakan cacing yang sangat digemari oleh ikan, sehingga banyak pemancing yang menggunakan umpan berupa cacing susu agar tangkapan ikannya melimpah. Melihat peluang bahwa cacing susu sangat disukai para pemancing, maka tidak ada salahnya anda berpikir untuk mendirikan usaha ternak cacing susu. Cara beternak cacing susu sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan ternak cacing pada biasanya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara ternak cacing susu ini, silahkan ikuti pembahasan kali ini.

Langkah mudah beternak cacing susu

Untuk memulai ternak cacing susu, anda harus menyiapkan kandang terlebih dahulu. Jangan bayangkan kandang cacing susu seperti kandang ternak lainnya, siapkan papan atau kaca yang dibuat kotak. Jangan biarkan ada lubang dalam kandang tersebut. Lanjutkan dengan menyiapkan media hidup cacing susu. Caranya siapkan lumpur beserta limbah yang mudah membusuk seperti dedaunan dan sejenisnya.Selanjutnya dalam ternak cacing susu ini anda perlu memperhatikan makanan yang pas untuk cacing-cacing anda agar tumbuh dengan cepat. Siapkan makanan berupa kotoran hewan. Selain kotoran hewan, anda dapat memberikan makanan tambahan untuk cacing berupa ampas tahu atau ampas kelapa. Kedua pakan ini sangat bagus untuk tumbuh kembang cacing susu.

Pemberian makan dapat dilakukan setiap hari agar nutrisi cacing tetap terjaga dan cacing selalu sehat. Dalam waktu normal, cacing akan bertelur setelah berusia dua minggu. Jangan bayangkan telur cacing berbentuk bulat dan kasat mata. Sebab telur cacing akan bercampur dengan kotoran cacing atau yang dikenal dengan kokon. Pisahkan telur ini ke kandang lain agar pertumbuhan cacing lainnya dapat tetap berjalan normal.Demikian pembahasan singkat kami terkait cara ternak cacing susu yang mudah sekali untuk anda praktekkan di rumah. Konsumen cacing susu ini selain dari pemancing, biasanya peternak ayam dan ikan pun juga memburu pakan ternak ini. Selamat mencoba beternak cacing susu.

Membuat Media Untuk Ternak Cacing Lumbricus Rubellus

Bagi anda yang ingin sukses dalam membudidayakan cacing lumbricus rubellus maka ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, salah satunya adalah media tempat untuk membudidayakan cacing tanah. Media sebagai sara hidup untuk cacing tanah biasanya terbuat dari beragam jenis bahan,

misalnya dari sampah organik seperti jerami padi, debog pisang, grajen maupun sisa limbah dari budidaya jamur tiram dan lain sebagainya. Untuk membuat media ternak cacing lumbricus ini sangat mudah, bagi anda yang penasaran ingin tahu cara membuat media yang bagus untuk ternak cacing lumbricus ini, simak panduan cara membuatnya berikut ini.

Cara membuat media ternak cacing lumbricus

Langkah membuat media ternak cacing lumbricus

Untuk membuat media ternak cacing lumbricus sangat mudah, pertama siapkan bahan untuk membuat media, bisa dengan menggunakan limbah kandang seperti kotoran sapi maupun sampah organik misalnya grajen, sisa pada jamur tiram, jerami padi, dan yang lainnya. Langkah selanjutnya busukkan media dengan bantuan bakteri misalnya menggunakan tetes tebu ke media tersebut. Langkah selanjutnya tutup menggunakan terpal supaya mempercepat proses penguraian terhadap bakteri pada media dengan kandungan senyawa yang bagus untuk pertumbuhan cacing lumbricus.

Untuk membuat media ternak cacing lumbricus prosesnya memerlukan waktu 1 sampai 7 hari tergantung pada kwalitas media yang diolah menggunakan proses fermentasi. Dan untuk media kotoran sapi akan memerlukan waktu 3 sampai 7 hari. Sedangkan jika menggunakan media grajen akan membutuhkan waktu 3 hari. Jika ingin prosesnya cepat sebaiknya gunakan saja limbah jamur tiram, cukup didiamkan lalu ditutup selama 1 hingga 2 hari, dan sebenarnya tanpa melalui proses fermentasi juga sudah bisa dan sangat layak untuk media hidup cacing lumbricus yang dibudidayakan.

Dalam membuat media ternak cacing lumbricus pastikan juga media hidup cacing lumbricus yang akan digunakan untuk membudidayakan cacing lumbricus tersebut mempunyai PH sejuk. Jika belum terlalu mengetahui ukuran sebaiknya menggunakan alat pengukur PH. Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan mengenai cara pembuatan media untuk budidaya cacing lumbricus ini, semoga berkenan dan bisa bermanfaat, terimakasih.

Kini ternak cacing tanah sudah banyak digeluti oleh segelintir orang. Cara ternak cacing yang mudah dan hasil yang melimpah mampu mencetak pundi-pundi rupiah yang sangat fantastis. Untuk anda yang ingin memulai usaha ternak cacing alangkah baiknya mencermati cara ternak cacing yang akan kami sajikan di bawah ini.


Pilih cara budidaya cacing susu paling mudah

Cara ternak cacing yang pertama adalah menyiapkan media atau kandang untuk cacing. Buatlah kandang dari papan atau bahan lainnya yang dapat dibentuk selayaknya rak. Untuk kandang yang sederhana lagi, anda dapat membentuk kayu, papan, atau kaca menjadi kotak. Usahakan jangan sampai bocor agar nanti cacing tidak kabur. Gunakan media berupa tanah lumpur yang sudah dicampur dengan berbagai limbah cepat busuk. Media ini perlu mengalami fermentasi selama sebulan, kemudian anda dapat menambahkan kotoran hewan serta kapur selanjutnya mulailah memilih bibit berkualitas untuk cacing ternakkan anda. Sebenarnya bibit cacing dapat anda peroleh dari lingkungan sekitar, namun jika anda tidak menemukan saat ini bibit-bibit cacing sudah banyak diperjualbelikan secara bebas.

Cara ternak cacing yang mudah

Cara ternak cacing yang paling penting adalah proses perawatan. Pada masa ini, anda harus rutin memberikan makan untuk cacing-cacing anda. Pakan cacing dapat berupa kotoran hewan. Pemberian pakan ini tidak bisa sembarangan, misalnya jika media pembudidayaan cacing beserta cacing anda memiliki berat total 2 kg, maka pakan yang diberikan juga harus seberat itu. Ada dua pilihan bentuk pakan yang dapat anda pilih, yang pertama berbentuk bubur dan yang kedua berbentuk bubuk. Media pembudidayaan cacing ini juga perlu sering diganti agar pertumbuhan cacing semakin cepat. Waktu penggantian biasanya dua minggu sekali.

Cacing-cacing dapat dipanen setelah 3 bulan masa perawatan. Untuk memanen cacing, gunakan lampu atau sumber cahaya lain agar cacing dapat berkumpul di satu sis kemudian anda dapat mengambil cacing tersebut. And juga dapat membalik kandang agar cacing-cacing keluar dengan sendirinya.Itu tadi beberapa cara ternak cacing yang mudah untuk anda praktekkan langsung di rumah. Tidak butuh keahlian khusus untuk membudidayakan cacing ini, hanya butuh sedikit modal dan kesungguhan hati untuk merawat cacing-cacing ini.

Pemasaran Budidaya Cacing Susu

Seperti kita ketahui cacing susu yang kita hasilkan harus kita pasarkan agar kita dapat mengambil keuntungan dari budidaya ini, yang memiliki nilai ekonomi adalah kotoran cacing susu sangat bagus untuk pupuk organik terutama sayur karena unsur N sangat tinggi, sedangkan produk cacingnya bisa di jual ke komunitas burung, komunitas ikan dan peternak ikan lele. bisa juga di keringkan dan dibuat serbuk cacing untuk campuran konsentrat pakan ternak.

Sekian artikel budidaya kali ini, semoga bermanfaat.

Similar Posts