ternak sapi potong - Inilah 5 Cara Tepat Ternak Sapi Potong
|

Inilah 5 Cara Tepat Ternak Sapi Potong

Berbisnis dengan mengutamakan hewan ternak memang cukup menjanjikan untuk saat ini, karena memang dengan beternak banyak manfaat yang bisa anda dapatkan disamping sebagai ladang bisnis anda. Salah satu yang bisa anda lakukan adalah ternak sapi yang memang sudah bukan rahasia lagi karena sangat bisa membantu anda mendulang sukses. Namun banyak juga yang belum mengerti cara ternak sapi yang baik sehingga kadang produkisnya tidak sesuai harapan. Nah bagi yang baru akan mulai beternak sapi akan ada baiknya mengikuti uraian artikel ini yang pastinya akan membantu anda menapaki cara yang tepat untuk menjadi peternak sapi yang sukses.

1. Beberapa cara untuk ternak sapi yang tepat

Melihat banyaknya permintaan untuk daging sapi maka menjadi peternak sapi memang suatu bisnis yang sangat menjanjikan untuk ditekuni. Namun menjadi peternak sapi tidak sembarangan, agar hasil yang didapatkan akan maksimal dan sesuai harapan. Nah berikut ini akan diberikan uraian tentang cara ternak sapi yang mudah dengan hasil menakjubkan khusus untuk anda. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis sapi yang akan dijadikan ternak, pilih sapi yang cocok dengan lingkungan anda agar sapi bisa mudah beradaptasi dan menghindari sapi yang stres. Setelah memilih sapi maka anda harus mulai menyiapkan kandangnya, nah baiknya kandang sapi dijauhkan dari pemukiman ramai penduduk dan bisa mendapat sinar matahari.

Ternak Sapi Potong harus cukup asupan matahari, agar sapi lebih sehat

Selain beberapa hal di atas ketika akan beternak sapi maka hal lainnya yang harus diperhatikan adalah melengkapi sarana dan peralatan. Jika semuanya sudah lengkap maka anda akan lebih mudah ketika merawat sapi ternak anda, selain itu kebersihan kandang juga harus selalu diperhatikan untuk menjauhkan sapi dari berbagai penyakit. Cara ternak sapi yang tidak kalah penting yaitu pemeliharaannya, karena mungkin ini menjadi paling penting. Siapkan selalu pakan yang berkualitas agar daging sapi anda nantinya juga berkualitas. Memperhatikan pakan dan kandang menjadi hal penting untuk kualitas sapi yang akan ternak.

2. Persiapan kandang untuk ternak sapi potong

Mempersiapkan kandang untuk ternak sapi potong anda memang merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Sapi butuh kandang tertentu yang menjadi tempatnya untuk berkembang. Besar kandang ini harus disesuaikan dengan jumlah sapi yang ingin anda ternakkan. Untuk bentuk kandang dapat bervariasi mulai dari yang tidak memiliki dinding, hingga kandang yang tertutup secara sempurna. Keduanya harus dilengkapi dengan atap agar dapat melindungi sapi dari terik matahari yang menyengat dan hujan sewaktu-waktu. Dalam membuat kandang, anda juga dituntut untuk mendesain tempat makan dan minum serta pengelolaan kotorannya. Siapkan pula tempat untuk mengikat sapi agar tidak terlalu banyak bergerak. Selain itu anda juga memerlukan beberapa peralatan yang nantinya akan digunakan dalam operasional ternak sapi potong anda, seperti sekop, sapu lidi, tali, sikat, ember, dan lainnya.

Kandang sapi potong terbuat dari konstruksi beton, kuat aman dan awet, hindari menggunakan baja ringan karena berbahaya jika ada petir, sapi bisa mati seketika

Ternak sapi potong memiliki banyak cara. Ada yang tradisional dan juga ada yang modern. Ternak sapi potong tradisional sebagaimana namanya masih belum memakai cara-cara atau teknik-teknik modern, pakan ternaknya juga masih bersifat tradisional, seperti misal masih menggunakan pakan ternak rumput ansich. Belum memakai pakan ternak alami yang diproses dengan cara modern. Bagaimana cara ternak sapi potong modern yang tepat itu? Dalam kesempatan ini saya akan membicarakan mengenai cara ternak sapi potong modern kepada anda. Sebaiknya anda memperhatikan betul artikel ini.

Cara ternak sapi potong modern

Cara ternak sapi potong modern ini merupakan cara beternak sapi potong yang sudah banyak dilakukan oleh para peternak sapi saat ini. Cara ini dilakukan karena lebih praktis, lebih gampang dan lebih ringan dilakukan. Cara modern ini lebih pas dilakukan jika ternak sapi potong yang anda pelihara sangat banyak sehingga tidak merepotkan pekerjaan anda dan pekerja anda. Misalnya untuk mengangkut rumput menggunakan truk atau kolt bak. Dengan truk atau kolt bak ini maka rumput yang anda angkut bisa berkantong-kantong atau bergulung-gulung rumput. Kandang atau rumah sapinya juga dibuat lebih bagus sehingga kelihatan nyaman dan enak bagi yang melihat maupun bagi sapinya.

Selain itu cara ternak sapi potong modern juga bisa dilaksanakan pada pakan ternak sapinya. Pada pakan ternak sapi potong tradisional pakan yang diberikan adalah rumput alami yang diambil dari ladang atau kebun-kebun. Cara ini biasa dilakukan oleh para peternak tradisional. Cara ini memang kelihatannya gampang dan tidak mengeluarkan modal untuk membeli pakan sebab pakan ternak sapi diambil dari alam langsung, namun karena sapi makannya banyak, kemudian yang ternak sapi juga banyak, maka lama-kelamaan pakan sapi alami itu akan habis yang akhirnya akan menyulitkan peternak itu sendiri.

Kandang Sapi Moderen biasaya menggunakan seng atau plat besi, ini baik kalau ada sistem pengangkal petir, tapi kalau tidak ada lebih dianjurkan memakai kandan beton saja.

Dalam teknik cara ternak sapi potong modern pakan sapi potong sekarang sudah bisa dibuat sendiri. Seperti misalnya dengan pakan ternak sapi dari fermentasi. Pakan ternak ini bisa menjadi alternatif atau pengganti pakan sapi biasanya, yaitu rumput. Pakan ternak ini juga sangat baik untuk mempercepat penggemukan, bahkan pakan ini sangat disukai oleh sapi

Kandang sapi potong terbuat dari konstruksi beton, kuat aman dan awet, hindari menggunakan baja ringan karena berbahaya jika ada petir, sapi bisa mati seketika, Kandang Sapi Moderen biasaya menggunakan seng atau plat besi, ini baik kalau ada sistem pengangkal petir, tapi kalau tidak ada lebih dianjurkan memakai kandan beton saja.

3. Pakan yang cocok untuk ternak sapi potong

Sebelum memutuskan untuk beternak sapi potong, anda juga perlu memikirkan pakan untuk sapi-sapi anda. Anda dapat memberikan makanan utama berupa rumput-rumput hijau ataupun sisa-sisa pertanian seperti jerami. Sementara untuk menunjang pertumbuhan sapi, gunakanlah makanan tambahan berupa konsentrat. Jika perlu berikan pula antibiotic dan vitamin pada sapi agar kesehatannya terjaga. Untuk pemberian makan pada sapi harus anda lakukan setiap hari. Untuk pemberian konsentrat, cukup 1-2 % dari berat sapi. Sementara pakan hijau dapat anda maksimalkan hingga 10% dari berat sapi. Pakan tambahan yang juga tak kalah penting bagi sapi adalah asupan air, garam, dan juga tepung tulang yang mengandung kalsium phospat.

Sapi potong memang menjadi hewan ternak dengan harga jual dan peminat yang cukup tinggi. Daging dari sapi potong sendiri sangatlah banyak yang membutuhkannya, sehingga tidak heran jika para peternak berlomba-lomba menghadirkan sapi dengan badan yang menakjubkan yang pasti dagingnya juga begitu. Namun masih banyak yang belum paham tentang pakan sapi yang baik agar dapat menghasilkan sapi potong berkualitas. Nah artikel ini akan menguraikan tentang pakan ternak sapi potong yang berkualitas yang mana akan membuat daging dari sapi juga menjadi ikut berkualitas, uraian lengkapnya berikut ini.

Pakan Sapi Potong menggunakan hijauan yang di chopper

Anda tentu sudah tahu bagaimana kebutuhan masyarakat akan daging sapi, memang sangatlah tinggi. Sehingga menjadi peternak sapi potong merupakan ladang bisnis yang menjanjikan. Namun untuk menghasilkan sapi potong yang berkualitas maka pakannya juga harus baik. Nah untuk belajar mengetahui pakan ternak sapi potong yang baik memanglah langkah yang tepat, karena jika telah mengetahui metodenya maka anda dapat menghasilkan sapi potong yang menakjubkan. Tanpa berlama-lama lagi maka silahkan simak uraiannya berikut ini.

Menentukan pakan ternak sapi potong

Melihat tingginya permintaan sapi potong di pasaran pastinya akan memberikan peluang bisnis yang besar. Nah untuk membuat pakan ternak sapi potong yang baik maka diusahakan memberikan konsentrat, karena pakan inilah yang sangat sesuai dengan kebutuhan sapi. Jika anda akan membuatnya maka bisa menggabungkan beberapa bahan untuk membuat pakan sapi berkualitas ini. Pertama anda bisa mencampurkan dedak, kalaupun tidak ada anda bisa menggantinya dengan batang rumbia yang lebih mudah dan murah untuk didapatkan. Selain itu tambahkan jagung yang digiling yang akan menambah protein untuk pakan sapi tersebut. Anda juga bisa menambahkan bungkil kelapa, kemudian tepung tulang atau kalsium serta garam dapur. Anda bisa mencampurkannya semua dengan takaran yang sesuai.

Dengan mengerti bahan-bahan untuk pakan ternak sapi potong maka sudah saatnya anda mempraktekkannya untuk merawat sapi potong anda yang akan menghasilkan daging lebih banyak. Nah beberapa informasi di atas semoga dapat membantu anda membuat makanan sapi potong yang lebih baik lagi untuk hasil sapi potong yang baik pula.

4. Pemilihan bibit unggul untuk ternak sapi potong

Agar ternak sapi potong anda berjalan sukses, kunci utamanya adalah memilih bibit unggulan sebagai pioneer ternak anda. Jika anda membeli dalam indukan, pilih indukan yang berkualitas agar anak sapi yang dilahirkan juga berkualitas. Perhatikan baik-baik kesehatan tubuh sapi mulai dari kepala hingga ekornya, jangan biarkan bibit sapi anda memiliki kecacatan fisik agar generasi yang dilahirkan juga sempurna.

5. Cara merawat ternak sapi potong

Dalam mengembangkan ternak sapi potong, anda perlu melakukan beberapa perawatan yang lazimnya memang harus diberikan kepada sapi. Misalnya saja pembersihan kotoran sapi yang harus dilakukan setiap hari agar kebersihan kandang tetap terjaga. Selain itu anda juga dapat membersihkan badan sapi dengan cara memandikannya dan jangan lupa disikat tubuhnya agar tidak sampai ada bakteri yang hidup dalam tubuh sapi. Waktu pemandian dapat dilakukan maksimal tiga hari sekali. Selain itu untuk menambah daya tahan tubuh sapi, berikan juga vaksin dan obat cacing secara berkala.

Demikian beberapa tahapan yang harus anda penuhi untuk dapat memulai dan mengembangkan ternak sapi potong. Ternak sapi potong ini dinilai memiliki resiko kerugian yang sangat kecil, sebab permintaan pasar terhadap sapi potong selalu tinggi.

Tidak sedikit para pengusaha peternak sapi potong yang belum tahu teknik atau cara penggemukan sapi potong yang mudah dan praktis dan bahkan cara ini merupakan cara yang sangat baik. Bagi mereka yang belum tahu mereka hanya memberikan sapi ternaknya dengan rumput hijau. Cara ini kurang cukup cepat di dalam memberikan efek cepat gemuk pada sapi.Selain itu juga anda akan mengalami banyak kesulitan dalam mencari rumput bila jumlah sapi yang anda ternak atau pelihara itu banyak. Lebih-lebih sekarang peternak sapi sudah begitu banyak. Nah, jadi anda perlu merubah sebuah teknik atau cara melakukan penggemukan sapi potong milik anda. Seperti apakah cara penggemukan sapi potong yang baik dan cepat itu?

Cara penggemukan sapi potong dengan sistem kereman sendiri

Anda bisa mencoba teknik atau cara penggemukan sapi potong sistem kereman sendiri? Seperti apakah cara penggemukan sapi potong sistem kereman sendiri itu? Pastinya anda penasaran kepingin tahu caranya? Nah dalam kesempatan ini saya akan sampaikan teknik penggemukan sapi potong cara ini. Yang jelas anda perlu tahu supaya anda bisa mempraktekkan pada sapi potong ternak anda.

Penggemukan sapi potong dengan kereman sendiri adalah cara menggemukan sapi dengan cara memberikan nutrisi tambahan kepada sapi potong berupa pakan kosentrat. Pakan konsentrat ini merupakan salah satu pakan yang wajib ada untuk sapi potong jika ingin cepat gemuk. Untuk pakan rumput hijau nan segar tetap diberikan. Hanya saja tidak melulu sapi diberi rumput segar saja, namun harus diberi nutrisi tambahan pakan konsentrat tadi.

Kemudian sapi juga tetap seperti cara ternak lainnya. Di tempatkan dalam sebuah kandang. Adapun pakan konsentrat yang diberikan kepada sapi komposisinya adalah minimal 1,5 % dari berat badan sapi dengan kandungan protein yang terkandung dalam pakan antara 14 % hingga 16%. Untuk sapi jika mau menggunakan sistem teknik penggemukan ini maka sebaiknya sapi yang dipelihara adalah sapi jantan muda yang telah mencapai tingkat dewasa, telah berumur 1 sampai 1,5 tahun. Berbadan kurus dan sehat, dan bobot minimal adalah 200 kg. Demikian cara penggemukan sapi potong dengan teknik kereman sendiri.

Similar Posts