Budidaya jamur tiram di rumah Menguntungkan dan mudah hasil panen - Budidaya jamur tiram di rumah, Menguntungkan dan mudah

Budidaya jamur tiram di rumah, Menguntungkan dan mudah

Carabudidaya.id – Jamur Tiram merupakan makanan yang tahun 2022 ini sangat digemari, rasanya semakin banyak aneka olahan jamur tiram. seperti ongseng jamur, pepes jamur, sate jamur, jamur krispi bahkan ada juga kaldu jamur yang lebih sehat dari pada MSG. budidaya jamur tiram dapat praktikkan pada rumah sehingga banyak orang tergiur untuk membudidaya jamur tiram dirumah, baik untuk bisnis maupun hobi.

Jamur tiram identik menggunakan bentuknya yg putih, lebar, tumbuh bergerombol misalnya payung, & bentuknya yg menyerupai cangkang tiram. Ada banyak jenis jamur tiram, mulai berdasarkan jamur tiram abu-abu, putih dan cokelat, Namun yang paling banyak di budidaya adalah yang putih karena paling laku dipasaran.

budidaya jamur tiram pemula

Bagi pemula tentunya anda awam dalam budidaya jamur tiram ini, karena banyak sekali referensi di internet yang membuat anda bingung. saran saya sebaiknya anda cari di marketplace facebook dan cobalah membeli baglog (media tanam utama untuk budidaya jamur tiram ) dari petani jamur tiram yang sudah lama bergelut di bidang ini. biasanya baglog dijual Rp. 2000 per pcs.

Dengan membeli baglog anda akan lebih mudah belajar merawat jamur tanpa harus banyak proses, sehingga meminimalisir kegagalan bagi budidaya jamur tiram pemula seperti anda. Ketika kemudian hari area perumahan anda cocok maka bisa di scale up ke arah bisnis.

budidaya jamur tiram tanpa bibit

untuk pemula membudidaya jamur mulai dari membeli bibit memang menggiurkan akan tetapi proses masih terlalu panjang bagi pemula. oleh karena itu pemula sebaiknya membeli baglog dimana baglog sudah dimasukkan bibit jamur tiram didalamnya. dan kita hanya perlu merawat dengan melakukan penyiraman selama 30 sd 40 hari kemudian baglog tersebut sudah bisa memproduksi jamur tiram.

Baglog siap dipasarkan – budidaya jamur tiram tanpa bibit, Sumber : facebook.com

Mulailah budidaya jamur tiram sederhana

Bagi pemula maka mulailah dengan cara paling sederhana. siapkan rak dengan bambu atau kayu bekas yang sederhana saja yang penting kuat menyangga baglog, mulailah membeli baglog tempatkan baglog dirak tersebut. perhatikan juga tempat budidaya juga agar bisa menghasilkan maksimal

budidaya jamur tiram di rumah

Selanjutnya kalau sudah mendapatkan baglog dan membuat rak sederhana, langkah selanjutnya budidaya jamur tiram di rumah dengan skala kecil dulu. Sebaiknya tempatkan jamur di dekat sumber air yang lembab, seperti kamar mandi, sumur dan kamar yang lebih banyak tertutup. hal ini dikarenakan jamur suka dengan area yang lembab

Amati dan analisa kendala budidaya jamur yang anda lakukan. kemudian kalau dengan skala kecil sudah bida menghasilkan, anda bisa scale up ke tahap selanjutnya dengan menambah jumlah baglog.

Rak budidaya jamur tiram

Setelah anda berhasil dengan skala kecil anda perlu menyiapkan rak untu menampung media tanam utama untuk budidaya jamur tiram yaitu baglog. berikut ada beberapa referensi gambar rak bididaya jamur tiram

Rak Budidaya jamur tiram dirumah sederhana menggunakan bambu, Sumber : facebook.com

Analisa keuntungan budidaya jamur tiram

dari pengalaman saya main ke petani jamur di kecamatan gembong kabupaten pati jawa tengah. baglog jamur tiram siap produksi (perhatikan gambar) dijual dengan harga Rp, 2.000 per pcs dengan perkiraan per baglog menghasilkan rata – rata total 400 gram jamur tiram.

Baglog jamur tiram siap produksi

Jika kita ingin scaleup dari hobi budidaya jamur tiram ke bisnis jamur tiram, maka kira bisa menghitung harga jualnya terlebih dahulu. di pasaran jamur tiram sekitar Rp. 15.000 per kg jadi per baglog menghasilkan uang Rp. 15.000 / 1000gram x 400gram = Rp, 6.000.

Jadi dengan harga jual Rp. 15.000 kita bisa untung 200% per baglognya. kita simulasikan untuk membeli 1000 baglog maka kita butuh modal Rp. 2.000.000 untuk baglog dan Rp. 500.000 untuk rak budidaya jamur tiram. potensi keuntungan satu siklus adalah 1000pcs x Rp. 6.000 dikurangi modal. Jadi keuntungan budidaya jamur tiram kita adalah Rp. 6.000.000 – Rp. 2.500.000 = Rp. 3.500.000 per siklus. Menggiurkan bukan?

Bagaimana Pemasaran jamur tiram

setiap artikel saya pasti akan saya sertakan metode pemasaran budidaya. karena ini juga mempengaruhi keberlanjutan budidaya jamur tiram anda, baik itu sekala kecil maupun sekala besar.

1. Pasarkan Di Tetangga Terdekat

Tetangga adalah pasar paling potensial. selain menguntungkan bagi kita, tetangga kita juga bisa mendapatkan jamur yang fresh dengan harga yang lebih murah tentunya karena langsung dari produsen tanpa pihak ketiga

2. Minta Tolong Ke penjual baglog untuk menampung produk jamur tiram kita

Biasanya penjual baglog sebelum menjual baglog menawarkan penawaran menarik untuk menampung hasil panen kita, sehingga kita tidak ribet untuk memasarkannya. akan tetapi biasanya ada selisih harga sekitar Rp. 3.000 per kg, jadi jamur kita akan dibeli dengan harga Rp. 12.000 ( harga juni 2022, bisa berubah tergantung supplier baglog). jadi ketika stok kita melimpah dan kita kesulitan untuk memasarkan ini bisa menjadi opsi untuk kita ambil sehingga masih bisa terserap hasil panen kita.

3. Buat Makanan Olahan

Untuk meningkatkan daya simpan jamur, kita bisa membuat makanan olahan dari jamur yang kita produksi sendiri seperti ongseng jamur, pepes jamur, sate jamur, jamur krispi, nuget jamur dan lain sebagainya

4. Keringkan dengan Oven untuk membuat kaldu jamur

Jika anda cukup percaya diri untuk membuat kaldu jamur, anda bisa melakukan hal ini. kaldu jamur memiliki masa simpan yang cukup lama sehingga anda tidak perlu khawatir masalah pemasaran.

Sekian artikel cara budidaya jamur tiram di rumah, menguntungkan dan mudah semoga dapat menginspirasi sobat budidaya semuanya. salam budidaya. ( Anas Makruf – Carabudidaya.id )

Similar Posts