cara budidaya ikan chana yang paling mudah - Ikan Chana, Ikan Hias Paling Mudah di Budidaya
|

Ikan Chana, Ikan Hias Paling Mudah di Budidaya

Ikan Chana adalah ikan air tawar yang ditemukan di seluruh India, terutama di bagian utara. Metode budidaya chana telah dikembangkan dari penelitian ekstensif oleh berbagai lembaga dan organisasi. Pembiakan chana di penangkaran telah dipraktikkan selama beberapa dekade. Anda dapat memelihara chana dengan sangat mudah di rumah dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

Budidaya chana di penangkaran telah dipraktikkan selama beberapa dekade.

Chana adalah ikan air tawar yang ditemukan di seluruh India. Chana telah dibudidayakan di penangkaran selama beberapa dekade, dan metode pembudidayaannya telah dikembangkan dari penelitian ekstensif oleh berbagai lembaga dan organisasi.

Penangkaran chana mudah dilakukan di rumah, meskipun mungkin ada beberapa kesulitan awal dalam menjaga kualitas air karena ukurannya yang besar dan umurnya yang pendek.

Chana adalah ikan air tawar yang ditemukan di seluruh India, terutama di bagian utara.

Chana adalah ikan air tawar yang ditemukan di seluruh India, terutama di bagian utara. Chana juga dikenal sebagai “buncis India” karena bentuknya seperti buncis kecil. Ikan ini digambarkan sebagai ikan kecil yang jelek yang sering diabaikan di pasar ikan karena orang tidak tahu cara memasaknya atau mempersiapkannya untuk dimasak.

Chana adalah makanan pokok di India dan Pakistan, di mana biasanya dimakan dengan nasi atau roti pipih seperti naan. Di Bangladesh, chana kadang-kadang disajikan bersama telur-“Chana bhaji,” yang berarti “chana goreng” pada menu. Hidangan ini dibuat dengan mencampurkan seluruh biji kacang-kacangan ini ke dalam tepung dengan rempah-rempah sebelum menggorengnya hingga renyah dan lezat!

Metode budidaya chana telah dikembangkan dari penelitian ekstensif oleh berbagai lembaga dan organisasi.

Di India, chana dianggap sebagai sereal terpenting keenam setelah gandum, beras, barley, jowar dan jagung. India memproduksi lebih dari 70% chana dunia setiap tahunnya dan merupakan salah satu produsen terbesar dalam hal kuantitas.

Metode budidaya chana telah dikembangkan dari penelitian ekstensif oleh berbagai lembaga dan organisasi seperti Indian Council for Agricultural Research (ICAR), Central Institute for Dryland Agriculture (CIDA), All India Coordinated Research Project on Dryland Agriculture (AICRP-DA) dll., serta universitas seperti UAS Rourkela dan Punjab Agricultural University (PAU).

Anda bisa memelihara chana dengan sangat mudah di rumah.

Berikut ini panduan sederhana untuk membudidayakan chana, ikan yang kuat dan menyenangkan untuk dibesarkan dan dinikmati.

  • Chana adalah omnivora, jadi mereka bisa diberi makan dengan berbagai makanan. Mereka akan makan cacing darah kering beku atau cacing hidup ketika mereka masih muda; saat mereka dewasa, Anda dapat mengalihkannya ke makanan lain seperti serpihan atau pelet (yang dapat Anda temukan di sebagian besar toko hewan peliharaan).
  • Kisaran suhu ideal untuk memelihara chana adalah antara 26 dan 32 derajat Celcius (79 dan 90 derajat Fahrenheit), tetapi kami menemukan bahwa akuarium kami cenderung berjalan cukup hangat selama bulan-bulan musim panas di Texas – di mana saja dari 28 hingga 33 C (82-91 F) sepertinya akan bekerja dengan baik di lingkungan rumah Anda juga!
  • Mereka tumbuh dengan cepat dan cenderung tidak menjelajah jauh dari sumber makanan mereka kecuali ada sesuatu yang lain di dekatnya yang menarik perhatian mereka; setelah didirikan di akuarium atau kolam dengan banyak tempat persembunyian (gua batu yang terbuat dari pembersih pipa bekerja dengan baik), ikan-ikan ini jarang meninggalkan tempat aman mereka tanpa alasan yang baik – dan kemudian hanya jika ada hewan lain yang mengancam mereka secara langsung.”

Kesimpulan

Chana adalah salah satu spesies ikan paling populer di India dan telah dibudidayakan selama berabad-abad. Namun, karena popularitasnya, ada banyak kasus perburuan ilegal dan penangkapan ikan yang berlebihan. Oleh karena itu, jika Anda ingin makan chana secara teratur maka yang terbaik adalah membesarkannya di rumah daripada membelinya dari toko atau pasar.

Similar Posts